Griya Gus Dur: Meneruskan Spirit dan Perjuangan Gus Dur

sahabatgusdur.blogspot.com ~  Spirit dan perjuangan Gus Dur untuk kemanusiaan dan kemaslahatan umat terus dihidupkan.

Salah satu bentuknya, keluarga inti Gus Dur meresmikan Griya Gus Dur di Jalan Taman Amir Hamzah Nomor 8, Menteng, Jakarta Pusat.


                    Peresmian Griya Gus Dur, di Taman Amir Hamzah, Matraman, Minggu (24/01)

Griya Gus Dur merupakan bekas kediaman Wahid Hasyim, ayah Gus Dur yang juga tokoh nasional. Peresmian Griya Gus Dur dilakukan hari ini, Minggu (24/1/2016).

Tokoh NU Mustafa Bisri, seniman Sutanto Mendut, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama hingga aktivis hak asasi manusia hadir dalam acara itu.

“Griya Gus Dur nantinya akan bermarkas para lembaga yang melanjutkan perjuangan Gus Dur,” ujar salah satu putri Gus Dur, Inayah Wahid, usai acara peresmian.

Adapun lembaga itu antara lain the Wahid Foundation, Bani KH Abdurrahman Wahid, Abdurrahman Wahid Center for Interfaith Dialogue and Peace at University of Indonesia, Yayasan Teman Bangkit dan lain-lain.

Inayah melanjutkan, kehadiran Griya Gus Dur merupakan wujud komitmen dan dedikasi keluarga inti dan aktivis kemanusiaan untuk mewujudkan kemaslahatan umat.

Laporkan Iklan Tidak Layak
Tempat itu, diharapkan menjadi tempat berkumpulnya orang-orang pergerakan untuk berdiskusi demi kebaikan bangsa.

Alissa Wahid, putri Gus Dur yang tertua, mengingat-ingat cerita ayahnya bagaimana rumah itu dahulu kerap didatangi orang dari berbagai macam suku, agama dan golongan.

Mereka datang meski hanya untuk berdiskusi bagaimana dapat membangun bangsa.

“Rumah ini menyimpan sejarah penting dalam dinamika perjuangan Indonesia. Sejak rumah itu diduduki Bapak yang dulu menteri agama pertama RI, rumah itu sudah menjadi rumah perjuangan dan pergerakan,” ujar Alissa.

“Rumah ini menjadi saksi bisu berbagai macam gagasan dan peristiwa penting dalam sejarang bangsa. Kita harus melanjutkannya dengan menjadikan rumah ini seperti dahulu,” lanjut dia.

Peresmian Griya Gus Dur juga ditandai dengan peluncuran gusdur.net dan Lumbung Amal Gusdurian.

Gusdur.net adalah situs yang akan memuat teks, video dan foto Gus Dur. Situs itu akan menjadi semacam ‘museum’ Gus Dur.

Adapun, Lumbung Amal Gusdurian adalah wadah bagi siapa saja yang hendak bersedekah untuk sesama yang membutuhkan.




Sumber: Kompas.com

1 Response to "Griya Gus Dur: Meneruskan Spirit dan Perjuangan Gus Dur"