Gus Dur buat pesantren jadi pendidikan khas Indonesia




"Gus Dur yang memanusiakan manusia, membuat Islam moderat, mengembangkan toleransi, justru perbedaan cara Allah untuk melengkapi kehidupan kita bersama"


sahabatgusdur.blogspot.com ~ Menteri Agama Lukman Hakim menyatakan Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur telah mengangkat pesantren menjadi pendidikan khas di Indonesia. Oleh sebab itu, pemerintah menetapkan Hari Santri lantaran adanya pendidikan pesantren.

"Gus Dur bisa mengangkat pesantren yang khas pendidikan Indonesia bukan hanya kuliah di kampus saja. Pascatahun 1960, pesantren bukan sebuah komunitas yang punya makna sendiri. Namun tahun 1970 Gus Dur mampu mengangkat pesantren," kata Lukman Hakim saat memberikan testimoni acara Haul Gus Dur di Ciganjur, Jakarta, Sabtu (26/12).

Selain itu, kata dia, nilai-nilai Pancasila yang diprotes membuat Gus Dur turun tangan. Kala itu, Gus Dur memberikan pernyataan bahwa Pancasila merupakan ajaran agama Islam.

"Pancasila diprotes, Gus Dur menyatakan Islam memberikan ruh kepada Pancasila. Pancasila sebuah rumusan seorang muslim melaksanakan kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar dia.

Lebih jauh, Gus Dur telah memberikan pelajaran terhadap pluralisme. Di mana kelompok minoritas harus dilindungi. Menurut dia, Gus Dur menyatakan keberagaman suatu anugerah yang diberikan oleh Allah SWT.

"Gus Dur yang memanusiakan manusia, membuat Islam moderat, mengembangkan toleransi, justru perbedaan cara Allah untuk melengkapi kehidupan kita bersama," tukas dia.




Sumber :merdeka.com

1 Response to "Gus Dur buat pesantren jadi pendidikan khas Indonesia"