Guyonan Gus Dur: Antara kampus dan bioskop



sahabatgusdur.blogspot.com ~ Rupanya hobi nonton Gus Dur tak mengenal tempat dan waktu. Ia paling tak berdaya melihat gedung bioskop. Kalau sudah melihat gedung bioskop, bisa dipastikan ia akan kebelet nonton.

Ini cerita Kyai Mustofa Bisri, sewaktu mereka sama-sama belajar di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. Suatu ketika, kata Gus Mus, dia dan Gus Dur akan ke kampus. Karena jarak tempat tinggal mereka dengan kampus lumayan jauh, mereka pun naik bus kota yang penuh sesak.

Selang beberapa halte menjelang kampus, mereka baru mendapat tempat duduk. Tak lama kemudian, tibalah bus itu ke kampus yang dituju.

Saat diajak turun, Gus Dur menolak. "Tanggung, baru duduk kok sudah disuruh turun," kilah Gus Dur. Gus Mus pun manut saja, tetap dalam bus, sampai bus itu tiba di dekat pasar.

Di dekat pasar itu, ada sebuah gedung bioskop, kebetulan sedang memutar sebuah film Prancis. Hari itu hari terakhir film tadi diputar. Lalu Gus Dur merogoh kantong, seperti mau mengeluarkan uang. Eh, yang muncul malah karcis bioskop!

Ternyata Gus Dur pergi tak hendak ke kampus, tapi memang sudah berniat nonton bioskop.


Sumber :merdeka.com

1 Response to "Guyonan Gus Dur: Antara kampus dan bioskop"